Rabu, 21 April 2010

Modus Program Dbase IV

BAB I
PENDAHULUAN


Sampai beberapa tahun ini,penanganan bank data besar masih dilakukan pada computer besar.Terobosan pada komputer pribadi (PC) merupakan pengembngan teknik yang merupakan penanganan data data relasional.Bentuk bank data ini ditandai dengan penyimpanan data data ke elemen - elemen yang terpisah.Data dapat digabungkan dan diperhubungkan kembali.dBASE merupakan program bank data serupa untuk komputer pribadi.
Dengan adanya program pengolah data,dibuat suatu program bank data untuk komputer pribadi dalam bentuk miniaturisasi dari komputer besar.Pengunaan bank data menjadi meningkat yaitupada file-file pasien,langganan,hotel sampai ke penanganan ilmu pengetahuan.
Penggunaan sentral dokumen statis pada komputer besar dikembangkan menjadi penanganan dat yang dinamis.Ciri cirri banj data modern adalah adanya teknik teknik pemerluassan dan perhitungan secara individu.Dengan dwemikian pemakai dapat menentukan sendiri,data mana yang akan dipanggil dan bagaimana hubungannya serta penyelesaiannya.Tujuan dan system manajemen bank data adalah penggunaan yang fleksibel untuk berbagai macam situasi kerja dan tuntutan individu.
dBASE adalah program yang paling terkenal diantara program bank data rasipnal lainnya.Seperti diketahui dBASE mempunyai dua kemungkinan pelayanan,yaitu:
-Command oriented,dimana perintah perintahnya diketikkan melalui perintah titik(dot prompt);
-Task oriented,dimana perintah dapt dilakkukan melalui pilihan menu(control center).
Dengan dBASE IV,Ashton-Tate memperbaiki kedua pelayanan diatas.Ciri-ciri dBASE IV adalah :
-Pengembangan program yang lebih luas
-Kenyamanan penggunaanya karena adanya permukaan menu yang baru.
Tujuan pembaharuan permukaan pelayanan adalah untuk mempermudah pemakaian program.Pengembangan dari dBASE II dan dBASE III Plus adalah segi task oriented-nya.Semula task oriented terbatas kemampuannya dan tidak dapat menggantikan keberadaan dari command oriented.
dBASE IV menerobos masalah keterbatasan tersebut,dengan cara menyediakan permukaan pemakaian system menutertutup.Sistem kmenu tersebut sama dengan penggunaan dot prompt.dengan sistem menu ini seluruh kemungkinan yang terdapat dalam dBASE IV dapat digunakan tanpa pengetahuan bahas pemrogaman .Secara bersamaan,dapat dibuat sekaligus file-file yang dibuat melaluli system menu ataupun dengan perintah dot prompt.dBASE IV dapt digunakan lebih mudah dan kualitas pemakaiannya sangat baik.Dengan program generator dBASE IV,dapat dibuat menu untuk pemakai yang dapat dikendalikan.Bagi pemakai yang belum berpengalaman,program tersebut dapat dipakai dengan mudah dan bagi para pemakai yang sudah berpengalaman dapat bekerja seperti biasanya.

1.1. Apa yang baru pada dBASE IV ?
1. ControlCenter: ( pengendalian program sentral melallui menu).
2. QBE(Query-by-Example). ( Suatu teknik bertanya pada file- file bank data.)
3. Fungsi-fungsi layout yang diperluas untuk membuat forms,reports,labels.Penampilan layout 1:1 pada saat dicetak (what you see is what you get).
4. Fungsi-fungsi pengolah katayang diperluas.
5. Lebih banyak perintah dan fungsi.
6. SQL (=Structured Query Languange):
Bahasa Tanya jawab dari komputer besar sebagai alternative untuk perintah-perintah dBASE.
7. Program generator:
Pengembangan program melalui pengendalian menu.
8. Modul-modul terprogram:
Bagian penggunaan yang diringkas dari program generator
9. Pengembangan instrument-instrumen baru:
Compiler untk menerjemahkan program-program dari dBASE ke bahasa mesin,linker untuk meringkas beberapa file objek menjadi satu,sepeti suatu program untuk mengmbangkan printer card.
10. Kemungkinan-kemungkinan untuk network.


BAB II
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN


2.1. Penurunan dan jatuh dBase IV (1988-1990)
Ashton-Tate telah menjanjikan versi baru dari lini produk dBASE inti dimulai sekitar tahun 1986.. Versi baru ini akan menjadi lebih kuat, lebih cepat, lebih mudah untuk membuat database dengan, peningkatan indeks, networkable, dukungan SQL internal maupun berinteraksi dengan SQL Server, dan akan mencakup kompilator.. Ashton-Tate dBASE IV mengumumkan pada bulan Februari 1988 dengan rilis yang diantisipasi ditetapkan untuk bulan Juli tahun itu.. dBASE IV akhirnya dirilis pada bulan Oktober 1988 sebagai dua produk: Standar dan Pengembang's edisi.
Sayangnya, dBASE IV baik lambat dan sangat buggy. Bugs tidak sama sekali yang mengejutkan dalam update produk utama, sesuatu yang biasanya dapat diperbaiki dengan "dot-satu" rilis sebelum terlalu banyak kerusakan yang dilakukan. Situasi ini pernah terjadi dengan dBASE III misalnya, dan Ashton-Tate dengan cepat memperbaiki masalahNamun sejumlah isu berkomplot untuk membuat dBASE IV 1,0 merilis sebuah bencana.
• Untuk satu, sementara dBASE IV tidak termasuk kompiler, itu bukan apa komunitas pengembang yang diharapkan. Masyarakat yang sedang mencari produk yang akan menghasilkan berdiri sendiri, kode dieksekusi, mirip dengan Clipper.. Yang dBASE IV kompilator tidak menghasilkan kode obyek, tetapi masih diperlukan dBASE IV lengkap produk untuk menjalankan hasilnya. Banyak yang percaya bahwa Ashton-Tate dBASE IV dimaksudkan untuk bersaing dengan dan menghilangkan pengembang pihak ke-3. Pengumuman saja berbuat banyak untuk mengacaukan kehidupan berbagai penulis kompilator.
• Namun lebih bermasalah adalah ketidakstabilan program. Skala penuh dari masalah hanya menjadi jelas karena lebih banyak orang berusaha untuk menggunakan produk, terutama mereka yang meng-upgrade ke versi baru. Bug itu begitu banyak sehingga sebagian besar pengguna menyerah, mengundurkan diri untuk menunggu sebuah titik-satu rilis.. Seperti tersiar kabar, penjualan merosot sebagai pengguna yang ada memilih untuk menunda upgrade mereka, dan pengguna baru memilih untuk mengabaikan produk.
Tidak satu pun dari masalah-masalah ini akan, dengan sendirinya, membunuh produk. dBASE sudah sangat besar dan berikut nama baik pengakuan. Semua yang diperlukan adalah pembaruan yang membahas masalah Pada saat dirilis, ada konsensus umum dalam Ashton-Tate bahwa bug-fix versi akan dibebaskan dalam waktu enam bulan dari rilis 1.0. Kalau itu terjadi, pengguna setia mungkin lebih menerima produk.
Alih-alih melakukan itu, Ashton-Tate manajemen bukannya mengalihkan perhatian mereka ke generasi berikutnya dari aplikasi, kode bernama DiamondDiamond menjadi baru, lini produk terintegrasi yang mampu berbagi data set besar di seluruh aplikasi.. Upaya ini telah berlangsung selama bertahun-tahun dan sudah memakan banyak sumber daya di perusahaan Glendale, Torrance, Walnut Creek dan Los Gatos (Pusat Produk California Utara) kantor.. Namun, setelah itu menjadi jelas bahwa Diamond sudah bertahun-tahun jauh dari menjadi sebuah produk, dan dengan ulasan miskin dan penjualan tergelincir dBASE IV 1.0, Ashton-Tate kembali fokus untuk memperbaiki dBASE IV.
Sudah hampir dua tahun sebelum dBASE IV 1,1 akhirnya dikirim (pada bulan Juli 1990).. Selama ini banyak pelanggan yang mengambil kesempatan untuk mencoba legiun dBASE klon yang muncul akhir-akhir ini, terutama FoxBase dan Clipper.
Penjualan dBASE turun drastis.. Perusahaan memiliki sekitar 63% dari keseluruhan pasar database pada tahun 1988, dan hanya 43% pada tahun 1989. Dalam empat kuartal terakhir sebagai sebuah perusahaan, Ashton-Tate kehilangan hampir $ 40 juta. Pada bulan Agustus 1989, perusahaan diberhentikan lebih dari 400 dari 1.800 karyawan. [3] Microsoft kemitraan untuk sebuah versi SQL Server dBASE disebut juga datang untuk apa-apa, sebagai dBASE pernah bekerja dengan baik dalam lingkungan ini, dan akhirnya dirilis Microsoft Access dalam peran ini selain.

BAB III


3.1. Modus Kerja Dbase IV
Dalam pengoperasian dBase ada 2 cara dalam penggunaan fasilitas yang ada yaitu :

3.1.1. Modus Interaktif

Gambar .1.
3.1.2. Modus Program

3.1.2.1 Jenis-Jenis File

DBASE IV memiliki 9 jenis file, yaitu :
1. File Database (.DBF)
2. File Memo Database (.DBT)
3. File Format (.FMT)
4. File Report (.FRM)
5. File Label (.LBL)
6. File Memori (.MEM)
7. File Indeks (.NDX)
8. File Program (.PRG)
9. File Teks (.TXT)


3.2. Perintah-perintah Dasar dBase

 Merubah Struktur Database
MODIFY STRUCTURE atau MODI STRU
 Mengcopy Struktur File
COPY STRUCTURE TO [] [FIELD ]
Proses penggandaan tersebut tidak diikuti dengan datanya
 Mengcopy File Dbase
COPY TO [(Scope)] [FIELDS (daftar field)]
[WHILE/FOR ]
Jika akan meng-copy struktur dan copy file database pastikan file tersebut aktif
 Mengcopy File
COPY FILE TO
 Mengubah Nama File
RENAME TO
 Menghapus File
DELETE FILE
Dalam proses copy file, rename & delete file ini harus jelas extensionnya, karena proses tersebut tidak hanya untuk file database saja
 Membuka File Database
Sebelum mengisi data, terlebih dahulu file database harus dibuka dengan
perintah :
.USE
 Menutup File Database
File database yang aktif harus ditutup dengan perintah :
.USE
 Mengisi atau menambah data
.APPEND atau .APPEND[BLANK]
Penambahan data akan dilakukan pada posisi EOF (End Of File) dan otomatis EOF-nya akan turun lagi.


 Menyisipkan Data
.INSERT atau .INSERT [BLANK] [BEFORE]
Penyisipan akan diletakkan pada record setelah posisi pointer.
 Menghapus Data.
.DELETE [(scope)] [WHILE/For (kondisi)]
Bila tidak digunakan parameternya maka yang akan di delete adalah record pada posisi pointer.
 Membatalkan Penghapusan
.RECALL [(scope)] [WHILE/For (kondisi)]
Sama dengan Delete, jika tidak digunakan parameter maka yang akan dibatalkan adalah record posisi pointer
 Menegaskan Penghapusan
.PACK
Berbeda dengan perintah penyuntingan sebelumnya (selalu per record yang dituju), untuk perintah BROWSE memungkinkan, meneliti dan merubah data
sebanyak-banyaknya yang dapat dicakup layar.
Tombol yang dapat digunakan :
[CTRL]-A atau [HOME] : satu field ke kiri
[CTRL]-F atau [END] : satu field ke kanan
[CTRL]-Q atau [ESC] : batalkan perubahan
[CTRL]-W atau [CTRL]-[END] : simpan
[CTRL]-Y : hapus karakter dari posisi kursor
[CTRL]-B : gulung layar ke kiri
[CTRL]-Z : gulung layar ke kanan
 MencariRecord
.SKIP [exp N]
 Memindahkan Pointer Maju atau Mundur
.LOCATE [] FOR
 Melihat Data
.DISPLAY / LIST [OFF] [(scope)] [daftar field] [WHILE (kondisi)] [FOR
(kondisi)] [TO PRINT]

OFF : Untuk menampilkan atau mematikan nomor record
SCOPE : terdapat 4 pilihan
RECORD n : hanya pada record ke n
NEXT n : sebanyak n record mulai dari pointer
ALL : semua record
REST : semua record setelah pointer
WHILE : dilakukan selama kondisi bernilai benar, berhenti
FOR : dilakukan selama memenuhi kondisi

Perbedaan :
LIST : Menampilkan data secara terus menerus
DISPLAY : Menghentikan penampilan data untuk setiap 20 baris

3.3. Fungsi-fungsi dBASE

1. Fungsi Integer berfungsi untuk membulatkan suatu bilangan
Sintaks :
INT (Ekspresi Numerik)
Contoh :
.? int(7.9)
7
.X=7.5
7.5
.? int(-2.1)
-2
.? int(X+2)
9
2. Fungsi String berfungsi untuk mengubah numerik menjadi karakter.
Sintaks :
STR ( [] [desimal])
Contoh :



.? str(15.49345)
15
.? str(15.500001)
16
Panjang : Panjang ekspresi numerik termasuk titik desimal
Desimal : Posisi desimal dalam ekspresi
3. Fungsi Substring berfungsi untuk mengambil beberapa karakter
Sintaks :
SUBSTR ( [] [number of chr])
Contoh :
.store “STMIK GUNADARMA” TO NAMA
.? substr(NAMA,7)
GUNADARMA
.? substr(“1853 4780 21245”,6,2)
47
4. Fungsi Val berfungsi untuk merubah karakter menjadi Numerik
Sintaks :
VAL (ekspresi karakter)
Contoh :
.? val(“ABCD”)
0
.? val(“12.456”)
12.456
.? val(“123ABC”)
123
5. Fungsi Length berfungsi untuk menghitung panjang karakter
Sintaks :
LEN (ekspresi karakter)
Contoh :
.? len(“XYZ”)
3
.? len(“1234567”)
7
6
.? len(“ABC DE”)
6
6. Fungsi Log berfungsi untuk menghitung logaritma natural
Sintaks :
LOG (ekspresi karakter)
Contoh :
.? log(10)
2.30
7. Fungsi Round berfungsi untuk pembulatan numerik (sampai desimal angka)
Sintaks :
ROUND (ekspresi karakter, )
Contoh :
.? round(1.234567,2)
1.23
.? round(1.237654,2)
1.24
8. Fungsi Space berfungsi untuk membuat karakter blank sebanyak ekspresi numerik
Sintaks :
SPACE(ekspresi numerik)
Contoh :
.? “Halo”+space(5)+”Bandung”
Halo Bandung
.Kosong=4
.? “Univ”+space(Kosong)+”Gunadarma”
Univ Gunadarma

9. Fungsi SQRT berfungsi untuk mencari akar dari suatu ekspresi numerik
Sintaks :
SQRT (ekspresi numerik)
Contoh :
.? sqrt(16)
4
.store 100 to B
.? sqrt(B)
10
10. Fungsi Trim berfungsi untuk menghilangkan spasi yang terdapat di ujung karakter
Sintaks :
TRIM(ekspresi karakter)
Contoh :
.? trim(“Saya “)
Saya
.? trim(” saya ”)
saya
.? trim(“Halo “)+”Bandung”
HaloBandung

3.4. Meng-CREATE sebuah File Database

PERINTAH CONTOH FUNGSI
CREATE CREATE nama_file Membuat file
DFTRNAMA
LAPTAHUNAN – AN terpotong
AP 1985
JKT
LAP-1985 Aturan dalam pemberian nama file :
1. Tidak boleh > 8 karakter
2. Tidak boleh ada spasi
3. Tidak boleh dimulai dgn angka
Type data Field C,N,L,D,M
DISPLAY STRUCTURE
LIST STRUCTURE USE DFTRNAMA
DISPLAY STRUCTURE Melihat isi susunan file
(jumlah record, last update, keterangan nama field, type, width, dec)
MODIFY STRUCTURE Mengubah struktur file yang telah ada

3.5. Memasukkan Data – data ke dalam Field

PERINTAH CONTOH FUNGSI
APPEND Untuk menginput data / record ke file, letaknya di akhir record
APPEND BLANK Untuk menginput data tetapi data nya kosong, jumlah record bertambah 1
APPEND FROM Menambah record dari file tertentu ke file (.dbf) yang sedang aktif
INSERT Meyisipkan record di antara record record yang lain
INSERT Menyisipkan suatu record setelah suatu posisi record tertentu, jika posisi record di record 5, stlh di insert, record baru di posisi 6
INSERT BEFORE Record baru akan disisipkan sebelum suatu posisi record ttt, jika sdg di posisi record 5, mk record baru akan terletak di posisi 5, sedang record ke 5 dst akan tergeser ke bawah
INSERT BLANK Record baru terbentuk tapi tidak ada isinya

3.6. Men-Display sebuah File

PERINTAH CONTOH FUNGSI
USE USE
USE DFTRNAMA Menutup file
Membuka file
DISPLAY DISPLAY Melihat isi data 1 record
DISPLAY ALL Melihat isi semua record
DISPLAY ALL OFF Melihat semua record, tetapi tidak menyertakan no record
DISPLAY NEXT n Melihat n record, dimulai dari record yang sedang aktif
LIST Sama dengan Display , hanya kalau display per 20 baris, harus tekan enter
SET PRINT ON Mengaktifkan printer
LIST TO PRINT = DISPLAY ALL TO PRINT
CLEAR Menghapus semua tulisan di layar
CLEAR ALL Menutup file database

3.7. Mendisplay / List Record-record tertentu atau sekelompok

LIST NEXT dan
DISPLAY NEXT sama saja Cttan:
1. LIST next(nomor) dan
DISPLAY NEXT (nomor) sama saja
2. Jika sesudah LIST NEXT 3
Kemudian LIST NEXT 4,
maka RECORD No 3 Diulang
lagi
3. Walau sudah diberikan LIST
NEXT 6, tp krn jumlah
record berikutnya tinggal
4, maka hanya 4 record yang
Ditampilkan Jumlah record = 10
CLEAR ALL
USE DFTRNAMA
LIST NEXT 4 = RECORD 1 -4
LIST NEXT 3 = 4-7
LIST NEXT 1 = 7
LIST NEXT 6 = 7-10
`
LIST nama,alamat , kota
LIST OFF kota,alamat,nama
DISPLAY OFF nama,alamat,kota
GOTO dan GO Memindahkan pointer ke record tertentu
Memindahkan pointer ke record terbawah
Memindahkan pointer ke record teratas GO 3 = GOTO 3
GO BOTTOM =GOTO BOTTOM
GO TOP = GOTO TOP
LOCATE Mencari suatu record pada file menurut kondisi yang diberikan LOCATE FOR nama = ‘Edy’
Record = 3
DISPLAY
LOCATE FOR alamat = ’Depok’
Record= 5
DISPLAY

3.8. Memperbaiki Data

EDIT n Memperbaiki record ke n
^W menyimpan perubahan2 yang dilakukan
^Q menyimpan seluruh perubahan kecuali record yang sedang aktif
BROWSE Mencari record2 dan memperbaiki full screen editing, untuk data yang lebih dari satu
CHANGE Mengedit suatu field dan record tertentu dalam database file CHANGE ReCORD 1
FIELDS NAMA, ALAMAT
CHANGE FIELDS ALAMAT,KOTA FOR KOTA=’SOLO’
CHANGE NEXT 3
REPLACE Mengganti field data satu atau lebih dengan suatu nilai tertentu pada file yang sedang aktif REPLACE RECORD 4 Nama with ‘Dewi ‘, alamat with ‘Depok’ REPLACE ALL KOTA WITH’BANDUNG’ FROM KOTA =’BDG’

3.9. Menghapus Data

DELETE Menandai record yang akan dihapus ( tanda *) DELETE RECORD 1
DELETE RECORD 4
PACK Membuang semua record yang ditandai untuk dihapus PACK
RECALL Mengembalikan record yang sudah ditandai untuk dihapus ke keadaan semula(dibatalkan) RECALL

3.10. Mengurutkan Data

SORT Mengurutkan data menurut field tertentu (Date, Alphabet, Numerik)
ASCENDING = A-Z 1-n
DESCENDING = Z-A , n-1
Hasilnya serupa dengan file asalnya, file .dbf,
Tidak boleh sama dengan nama file yang diurutkan
Tidak dapat digunakan untuk mengurutkan data ke dirinya sendiri SORT on URAIAN to URAI
INDEX = SORT, bedanya index menghasilkan file.NDX yang urutannya tidak sama dengan fiel sumbernya, yang dimuat hanyalah urautan dari file berdasar key field pengindeksan INDEX on URAIAN To URA1


FIND
SEEK Mencari suatu record pada file yang sudah diindeks, berdasar data field yang diindeks
Mencari suatu record pada file yang sudah diindeks, berdasar field yang diindeks SET INDEX TO URAI
FIND kertas
DISPLAY
Nama=’kertas’
Seek nama
Display


3.11. Mengcopy FILE

COPY TO Mengcopy dari suatu file ke file yang baru(backup) USE invent
COPY TO invent1
USE invent1
LIST
Hasilnya sama persis dengan invent
COPY FILE TO Mengcopy dari suatu file ke file yang baru(backup),
Perintah ini tidak berfungsi jika file sedang digunakan COPY FILE invent.dbf TO invent2.dbf
USE invent2
LIST
COPY TO STRUCTURE Mengcopy struktur field dari suatu file ke file yang baru, Data tidak ikut tercopy USE invent
COPY TO invent3 STRUCTURE
LIST STRUCTURE
COPY TO STRUCTURE FIELD Mengcopy field-field tertentu dari suatu file ke file yang baru, strukturnya sama data tidak ikut tercopy. USE invent
COPY TO invent4 STRUCTURE FIELD uraian,harga_satuan
LIST STRUCTURE
COPY TO FOR Mencopy data data dari suatu file yang memenuhi ekspresi yang disebutkan dalam perintah tersebut ke file yang baru. USE invent
COPY TO invent5 FOR tersedia , 10
3 record copied
USE invent5
LIST


BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN



 KESIMPULAN
Bahwa dbaseIV ini berisikan program yang lebih mudah untuk membuat database dengan, peningkatan indeks, networkable, dukungan SQL internal maupun berinteraksi dengan SQL Server, dan akan mencakup kompilator..

 SARAN
Program ini di sudah termasuk manajement data modern di bandingkan dbase 3 ini lebih canggih. Jadi gunaka lah, namun program ini bila dijalankan masih lambat. Program ini harusnya dibuat agar lebih capat dalam pengaplikasian penggunaan.



DAFTAR PUSTAKA

1. Harvard Business School, Studi Kasus, Ashton-Tate, 0-387-146.
2. Chapman, Merrill R. (2006).. "Membuat Hari Ed". In Search of Stupidity: Over Twenty Years of High-Tech Pemasaran Bencana, Edisi Kedua. Apress. hal. 78. ISBN 1590597214.
3. Mace, Scott (8 Januari 1990), "Defending the Dbase Turf", InforWorld
4. . ^ Tate Publishing: membangun sebuah aftermarket, Soft-Surat, 1 Juni, 1989.
5. Howard, William (8 Mei 1989), "Penerbit Perikanan untuk Mandiri Ditulis Perangkat Lunak", Palm Beach Post . .
6. "Borland Deal Apakah Completed", The New York Times, 12 Oktober 1991
7. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=enid&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Ashton-Tate
8. Dbase IV SISTEM MENU LENGKAP,Elex media komputindo,1991.
• dari Ed Esber's official website berisi sejumlah artikel dan kinerja keuangan
• Wawancara dengan Wayne Ratliff - berisi banyak catatan tentang sejarah awal dBASE
• Ashton-Tate dBASE hak cipta baris perisai untuk dilucuti oleh perintah pengadilan - pengadilan rincian kasus di mana sejarah dBASE kehilangan kemampuan mereka untuk mengklaim hak cipta.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Face. All rights reserved.
Blogger Template by